Seorang warga Taiwan sedang berusaha mendirikan telur di Hari Telur Berdiri
Seorang warga Taiwan sedang berusaha mendirikan telur di Hari Telur Berdiri
1. Anda pernah mencoba membuat telor berdiri? Dari cerita orang-orang tua dulu hanya satu hari dalam setahun dimana telor dapat berdiri yaitu pada hari bacang (peh cun).

2. Fenomena alam ini terjadi setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan kalender imlek: Untuk tahun  2010 akan jatuh pada hari ini: Rabu, 16 Juni 2010  tepat jam 12 siang.


3. Fenomena ini jelas ada di kalender imlek sebagai hari raya Duanwu (China), ada di Taiwan ada juga disebut sebagai “Twan Yang” (saat matahari memancarkan cahaya paling kuat, Gaya gravitasi di tanggal ini adalah yang terlemah, sehingga menyebabkan telor ayam mentah bisa berdiri), saat ini matahari berada di "posisi istimewa" yaitu tepat di atas khatulistiwa, sehingga mendirikan telur juga merupakan bagian dari festival budaya ini, selain tentunya menyantap Bacang.


Syarat dan Kondisi Telur:
-Telur Tidak boleh dicuci
-Telur tidak boleh di masukan ke dalam kulkas
-Telur jangan direbus
Bagi pembaca Erabaru yang sukses mendirikan telur, jangan lupa share fotonya ya, kami tunggu lho :) Baca juga mengenai Asal Usul Tradisi Bacang disini. (Erabaru/yqm).
Share

0 comments:

Post a Comment

Tauke

My photo
alor star, kedah, Malaysia
Hisham Halim a.k.a pkk hisham, merupakan salah seorang final year military student, bujang men, part time triathlate @ ironman. Sentiasa Happy Go Lucky. Berpegang teguh kepada prinsip "kita buat dia".

Time

increase traffic

Apa Nak Kata

Blog Archive

Share |

BuZz Me

Visitor

Senarai Blog

.